Sunday, April 3, 2016

BID'AH PERLU DI WASPADAI

0

Apa itu Bid'ah dalam islam? Pengertian bid'ah dalam agama islam adalah suatu perbuatan baru  yang mengada-ngadakan dalam agama, Selain Rosululloh belum pernah mengerjakannya begitu pula Khulafaurrosyidin, para sahabat lain dan para Tabi'in yang hidup pada qurun paling baik. Mereka adalah kalangan orang-orang yang lebih mengerti terhadap sunnah, lebih banyak mencintai Rosululloh daripada generasi setelahnya yang benar-benar menjalankan syariatnya.

Rosululloh SAW bersabda "Barang siapa mengada adakan (sesuatu yang baru) dalam urusan (agama) kami yang (sebelumnya) tidak pernah ada, maka akan ditolak"

Dalam hadits lain beliau bersabda :
" Kamu semua harus berpegang teguh pada sunnah-Ku setelah (Al-Qur'an) dan sunnah Khulaifaurraasyidin yang mendapat petunjuk Allah sesudahku, berpeganglah dengan sunnah itu dan gigitlah dengan gigi gerahammu sekuat-kuatnya, serta jauhilah perbuatan baru (dalam agama), karena setiap perbuatan baru itu adalah bid'ah dan setiap bid'ah itu sesat (Riwayat: Abu Daud dan Tirmidzi)

Maka dalam dua hadits ini kita dapatkan sesuatu peringatan keras, yaitu agar kita BERWASPADA, jangan sampai mengadakan perbuatan bid'ah apapun, begitu pula mengerjakannya.

Firman Allah dalam kitab-Nya :
"Dan apa yang dibawa Rosul kepadamu, maka terimalah ia, dan apa yang dilarangnya bagimu, maka tinggalkanlah dan bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah kera hukum-Nya"(Q.S. 59:7)

"Karena itu hendaklah orang-orang yang menyalahi perintah-Nya takut akan ditimpa cobaan atau adzab yang pedih" (Q.S. 24:63)

"Pada hari ini telah kusempurnakan untukmu agamamu, dan telah kucukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah kuridhoi Islam itu sebagai agama bagimu" (Q.S. 5:3)


#Baca juga : Hukum Upacara Peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW

     Dan masih banyak ayat-ayat yang lainnya, mengadakan sesuatu yang baru dalam agama seperti peringatan-peringatan ulang tahun. Berarti menunjukkan bahwasannya Allah belum menyempurnakan agama-Nya buat umat ini, berarti juga Rosululloh itu belum menyampaikan apa-apa yang wajib dikerjakan umatnya, sehingga datang orang-orang yang kemudian mengada-ngadakan sesuatu hal yang baru yang tidak diperkenankan oleh Allah. Dengan anggapan bahwa cara tersebut merupakan sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah. Tidak diragukan lagi, cara tersebut terdapat suatu yang bahaya besar, lantaran menentang Allah SWT, begitu pula (lantaran) menentang Rosululloh. Karena sesungguhnya Allah telah menyempurnakan agama ini bagi hamba-Nya, dan telah mencukupkan nikmat-Nya untuk mereka.

Demikian tentang bid'ah jadi kita harus waspada tentang bid'ah itu dalam agama islam

0 comments:

Post a Comment